Sunday, April 3, 2016

Cara dan Tips Membeli Mobil Bekas

Bagaimana cara dan tips membeli mobil bekas? Banyak sekali penipuan yang terjadi karena tergiur dengan harga murah mobil bekas seperti surat-surat mobil palsu. Maka dari itu untuk membeli sebuah mobil bekas Anda harus membekali diri Anda dengan pengetahuan seputar mobil bekas.

Saat ini banyak dari masyarakat yang lebih memilih mobil bekas, karena kurangnya biaya untuk membeli sebuah mobil baru. Sebenarnya tidak semua mobil bekas itu jelek. Bila Anda pintar memilih dan sudah membekali diri dengan pengetahuan seputar mobil bekas maka Anda bisa mendapatkan mobil bekas dengan kondisi yang sangat baik. Mencari mobil bekas bisa melalui mulut ke mulut, koran, majalah otomotif, datang ke showroom mobil bekas, dan media internet. 
Cara dan Tips Membeli Mobil Bekas

Cara dan Tips Membeli Mobil Bekas

Berikut ini adalah cara dan tips membeli mobil bekas untuk Anda agar tidak salah langkah membeli mobil yang Anda idamkan:

1. Tentukan Jenis Mobil Sesuai Kebutuhan
Cara dan tips membeli mobil bekas yang pertama adalah menentukan jenis mobil sesuai dengan kebutuhan Anda. Begitu banyak pilihan mobil bekas yang dapat Anda pilih. Anda harus mengetahui terlebih dahulu mobil apa yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda sehingga mobil yang Anda beli akan semakin bermanfaat dan digunakan dengan baik.

Saat ini banyak sekali pilihan mobil sesuai dengan fungsinya, seperti jenis mobil keluarga atau MPV seperti toyota kijang inova, toyota avanza, daihatsu xenia, suzuki ertiga, dan honda mobilio. Lalu dikelas yang lebih kecil atau hatchback seperti honda jazz, toyota yaris, daihatsu sirion, honda brio dan suzuki swift. Lalu tipe sedan seperto toyota vios, dan honda accord. Dan yang terakhir dikelas mobil yang bisa melaju di medan berat seperti Nissan X-trail, Toyota fortuner, dan Mitsubishi Pajero. Tentukan pilihan mobil Anda sesuai dengan kebutuhan Anda.

2. Sesuaikan Kebutuhan Mobil dengan Budget Anda
Ada begitu banyak pilihan mobil, tetapi Anda harus menyesuaikan kebutuhan dengan budget Anda. Jangan memaksakan budget dengan kemauan Anda, karena setelah kita membeli mobil tersebut pastinya ada anggaran untuk perawatan yang cukup mahal.

3. Melakukan Searching di Internet
Dengan semakin berkembangnya internet, maka media pemasaran terhadap mobil bekas pun banyak dilakukan melalui internet. Banyaknya orang yang menjual mobil bekas, membuat kita sebagai pembeli merasa kebingungan. Jangan terburu-terburu dalam membeli mobil bekas. 

Lakukan searching mengenai informasi atau sumber yang akan dijadikan acuan Anda membeli mobil yang Anda inginkan. Saat ini banyak sumber informasi mengenai mobil yaitu dengan membuka mobilwow.com. Semua informasi, berita, dan tips mengenai mobil di kupas tuntas secara informatif.

4. Bertemu dengan Penjual dan Lakukan Pemeriksaan Mobil
Sesudah Anda melakukan search di internet, maka cara dan tips membeli mobil bekas selanjutnya adalah dengan bertemu langsung dengan penjual dan mencoba langsung mobil yang ingin dibeli. Lakukan pengecekan secara keseluruhan dari mobil bekas yang ingin Anda beli. Lakukan pengecekan sebaiknya pada siang hari agar semua bagian detail dari mobil terlihat dengan jelas.

Dalam proses pengecekan Anda harus teliti dan sabar memeriksa semua kondisi fisik mobil mulai dari bemper, pintu, cat mobil, kaca, dan lainnya. Periksa juga umur kendaraan yang ingin Anda beli apakah sudah berumur lebih dari 5 tahun. Biasanya ketika sudah berumur 5 tahun, ada beberapa spareparts yang perlu diganti. Dan yang terakhir bawa mobil ke jalan untuk mengetahui kenyamanan dan kestabilan mobil.

5. Periksa Semua Surat Kelengkapan Mobil
Setelah memeriksa fisik mobil dan melakukan test drive. Saatnya Anda mengecek semua surat kelengkapan seperti STNK, BPKB, dan sesuaikan dengan plat nomor. Kemudian periksa faktur pembeliannya, dan bila perlu pergi ke kepolisian untuk mengetahui apakah surat kelengkapan mobil asli atau mobil hasil curian.

Setelah mengetahui ke-5 cara dan tips membeli mobil bekas, maka Anda siap untuk membeli sebuah mobil bekas yang bagus tanpa perlu takut tertipu. Ikuti cara dan tips nya dan semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment